Bimtek Kearsipan

Bimtek Korespondensi dan Tata Naskah Dinas

Bimtek Korespondensi dan Tata Naskah Dinas

Bimtek Korespondensi dan Tata Naskah Dinas – Tata naskah dinas adalah sebuah pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengesahan, distribusi, dan penyimpanan naskah dinas, serta media yang digunakan dalam kedinasan. Dan Pengertian Naskah dinas adalah sebuah informasi tertulis sebagai alat komunikasi kedinasan yang dibuat atau dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang. Sedangkan Korespondensi adalah penyampaian maksud melalui surat dari satu pihak kepada pihak lain dapat atas nama jabatan dalam suatu perusahaan/organisasi dan dapat atas nama perseorangan (individu).

Kegiatan yang saling berkirim surat oleh perseorangan atau oleh organisasi disebut surat menyurat atau korespondensi. Pihak yang terlibat disebut koresponden. Dalam dunia birokrasi dipemerintahan daerah, sehari-hari kita dihadapkan pada pekerjaan-pekerjaan yang selalu berkaitan dengan naskah dinas, baik itu membuat surat, mengarsipkan surat dan lain-lainnya sehingga didapatkan administrasi naskah dinas yang baik.

Info Bimtek Korespondensi dan Tata Naskah Dinas

Jika administrasi naskah dinas sudah baik, maka diharapkan dapat mendukung efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah. Untuk mencapai maksud tersebut, maka perlu dilakukan penyeragaman tata naskah dinas di lingkungan pemerintah daerah yang kemudian secara legalitas di perkuat dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 54 / 2009 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Daerah. Dan Permendagri No. 55 / 2010 tentang Tata Naskah Dinas Di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri

Dalam rangka memantapkan pemahaman mengenai Korespondensi dan Tata Naskah Dinas. Dengan ini kami akan mengadakan Pelatihan Seminar/ Bimtek/ Diklat dengan tema Korespondensi dan Tata Naskah Dinas berdasarkan Permendagri Nomor 54 Tahun 2009 dan Nomor 55 Tahun 2010 akan diselenggarakan pada:

Info Jadwal Bimtek Dan Diklat Nasional


Berikut adalah info lengkap mengenai jadwal pelatihan / diklat / bimtek, silahkan pilih tempat dan waktunya atau jika ada saran untuk jadwal dan lokasi silahkan hubungi kami untuk di diskusikan.

jadwal selanjutnya, silahkan klik link dibawah ini :

Juli 2022

Hari / TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
Rabu - Kamis
06 - 07 Juli 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    14 - 15 Juli 2022
    Jumat - Sabtu
    22 - 23 Juli 2022
    Jumat - Sabtu
    28 - 29 Juli 2022

    Agustus 2022

    Hari / Tanggal Tempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    05 - 06 Agustus 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    11 - 12 Agustus 2022
    Jumat - Sabtu
    19 - 20 Agustus 2022
    Senin - Selasa
    22 - 23 Agustus 2022

    September 2022

    Hari / Tanggal Tempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    02-03 September 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    06 - 07 September 2022
    Selasa - Rabu
    13 - 14 September 2022
    Selasa - Rabu
    20 - 21 September 2022
    Rabu - Kamis
    28 - 29 September 2022

    Oktober 2022

    Hari/TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Selasa - Rabu
    04 - 05 Oktober 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    11 - 12 Oktober 2022
    Rabu - Kamis
    19 - 20 Oktober 2022
    Jumat - Sabtu
    26 - 27 Oktober 2022

    November 2022

    Hari / TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Rabu - Kamis
    02 - 03 November 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    10 - 11 November 2022
    Jumat - Sabtu
    18 - 19 November 2022
    Kamis - Jumat
    24 - 25 November 2022

    Desember 2022

    Hari/TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    02 - 03 Desember 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    06 - 07 Desember 2022
    Selasa - rabu
    13 - 14 Desember 2022
    Jumat - Sabtu
    16 - 17 Desember 2022
    Jumat - Sabtu
    23 - 24 Desember 2022
    Kamis - Jumat
    29 - 30 Desember 2022
    Info Bimtek Dan Diklat Nasional Pusdiklat Pemendagri
    Kegiatan ini diselenggarakan secara swadana yang dibebankan ke masing-masing peserta / SKPD dengan Biaya sebesar :
    1. Rp. 4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta (Menginap)
    2. Rp. 3.500.000,- (Tiga juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta (Tidak Menginap)

    Pelatihan Online Via Zoom Meeting dengan Biaya sebesar :
    Rp. 2.500.000.- (Dua juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta

    Perlengkapan Fasilitas Peserta
    - Pelatihan selama 2 hari / Materi dibahas sampai selesai
    - Peserta Menginap (Twin Shering)
    - Seminar Kit, Makalah Pelatihan serta Tas Ekslusif
    - Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
    - Sertifikat pelatihan
    - Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambatnya H-3

    Catatan dan Promo
  • Jemput di Bandara Peserta Group Minimal 5 Orang (Peserta Wajib Konfirmasi)
  • Syarat & Ketentuan Berlaku
  • Request Peserta Diluar Jadwal/Materi Yg Tidak Tercantum di Website, Minimal 8 Peserta
  • Daftarkan Segera, Tempat Terbatas

    Konfirmasi Pendaftaran


    pusdiklatpemendagri.or.id phone

  • Info Diklat Korespondensi dan Tata Naskah Dinas

    Macam-Macam Pengurusan Naskah Dinas Korespondensi Yang Diselenggarakan Oleh Instansi Pemerintah

    1. Naskah dinas korespondensi intern atau nota dinas/memorandum
      Pengurusan nota dinas/memorandum adalah pengelolaan nota dinas/memorandum yang telah diterima serta yang baru akan dikirim. Pengurusan nota dinas/memorandum tersebut sebaiknya dipusatkan kepada kesekretariatan dan di bagian lainnya yang menyelenggarakan fungsi dari keskretariatan agar memudahkan pengawasan serta pengendaliannya.
    2. Naskah dinas korespondensi ekstern
      Memiliki beberapa ketentuan sebagai berikut :
      a. Penyelenggaraan urusan dinas dalam hal surat menyurat harus dilaksanakan dengan cara yang cermat dan teliti supaya tidak menimbulkan salah penafsiran dari si penerima surat.
      b. Segala hal yang berkaitan dengan kedinasan harus menggunakan tata cara dan prosedur surat menyurat, dengan sarana komunikasi yang resmi.
      c. Jawaban dari setiap surat dinas yang masuk mengenai :
      – Jika ada keterlambatan penerimaan surat maka instansi pengirim harus menginformasikan kepada si penerima surat mengenai keterlambatan tersebut.
      – Instansi penerima juga harus memberi jawaban dari konfirmasi yang telah dilakukan oleh instansi pengirim.

    Tata Naskah Dinas
    Adalah pengelolaan informasi yang tertulis dalam bentuk surat, yang meliputi pengaturan mengenai jenis, format, penyampaian, pengamanan, pengabsahan, distribusi, penyampaian naskah dinas, serta media yang akan digunakan untuk komunikasi kedinasan di bidang pemerintahan.

    Cakupan serta tujuan tata naskah dinas yang menjadi salah satu unsur administrasi umum mencakup pengaturan jenis, penyusunan naskah dinas, penggunaan lambang negara di dalam surat, cap dinas, tata surat, perubahan, pencabutan, pembatalan hukum produk, dan ralat. Tujuan dari tata naskah dinas itu adalah untuk menciptakan kelancaran komunikasi tertulis yang efektif dan efisien.

    Macam-macam tata naskah dinas diantaranya yaitu naskah dinas arahan, naskah dinas penetapan, naskah dinas pengaturan, dan naskah dinas penugasan. Menurut peraturan pemerintah No. 54 Tahun 2009, perlu diadakan penyeragaman tata naskah dinas di lingkungan pemerintah daerah. Hal itu dilakukan untuk efisiensi dan efektifitas administrasi di pemerintah daerah.

    Asas dalam tata naskah dinas diantaranya yaitu asas efisien dan efektif, asas pembakuan, asas akuntabilitas, asas keterkaitan, asas kecepatan dan ketepatan, dan asas keamanan. Sedangkan prinsip penyelenggaraan tata naskah dinas meliputi ketelitian, kejelasan, singkat dan padat, serta isinya harus logis dan meyakinkan.

    Jika ada pertanyaan mengenai Info Bimtek Kearsipan. Silahkan langsung saja hubungi kami dari nomor yang tertera diatas atau silahkan tinggalkan komen.

    Untuk Info Bimtek dan Diklat Kearsipan dengan materi lainnya yang lebih lengkap, dapat dilihat pada kategori Diklat Kearsipan.

    About Author

    Comment here