Bimtek Barang Dan Jasa

Bimtek Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang dan Jasa di Desa

Bimtek Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang dan Jasa di Desa – Pengadaan barang dan jasa desa adalah kegiatan untuk memperoleh barang/jasa oleh Pemerintah Desa, baik dilakukan dengan cara swakelola maupun melalui penyedia barang dan jasa. Penyedia barang dan jasa adalah badan usaha atau prorangan yang menyediakan barang maupun jasa. Swakelola adalah kegiatn pengadaan barang dan jasa dimana pekerjaanya direncanakan, dikerjakan dan/atau diawasi sendiri oleh tim pengelola kegiatan.

Pengadaan barang dan jasa di Desa pada prinsipnya dilakukan secara Swakelola dengan memaksimalkan penggunaan material/bahan dari wilayah setempat, dilaksanakan secara gotong royong dengan melibatkan partisipasi masyarakat setempat, untuk  memperluas kesempatan kerja, dan pemberdayaan masyarakat setempat. Serta pengadaan barang/jasa melalui Penyedia Barang/Jasa dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan barang/jasa dalam rangka mendukung pelaksanaan Swakelola maupun memenuhi kebutuhan barang/jasa secara langsung di Desa.

Info Bimtek Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang dan Jasa di Desa

Pemerintah mengeluarkan aturan mengenai pedoman pelaksanaan kegiatan pengadaan barang dan jasa di Desa. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Kepala LKPP Nomor 13 Thn 2013 tentang Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di Desa. Kemudian ditandatangani oleh Kepala LKPP pada tanggal 14 Nopember 2013. Meski sudah ada Peraturan Pemerintah Nomor 72 thn 2005 tentang Desa. Namun hal itu hanya mengatur tentang tata kelola pemerintahan dan keuangan desa, sehingga dipandang perlu adanya pedoman tertentu untuk mengatur mekanisme pengadaan APBDesa.

Tentunya ada pertimbangan lain seperti bahwa dari tahun ke tahun besaran anggaran yang dialokasikan ke desa semakin meningkat. Jadi diperlukan mekanisme pengadaan yang pengelolaannya baik dan akuntabel. Untuk memantapkan pemahaman aparatur mengenai tata cara pengadaan barang/jasa di desa. Dengan ini kami akan menyelenggarakan Pelatihan Seminar/ Bimtek/ Diklat dengan Tema Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang dan Jasa Di Desa. Jadi bimbingan teknis PBJ Desa akan dilaksanakan pada:

Info Jadwal Bimtek Dan Diklat Nasional


Berikut adalah info lengkap mengenai jadwal pelatihan bimtek/diklat silahkan pilih tempat dan waktunya atau jika ada saran untuk jadwal dan lokasi silahkan hubungi kami untuk di diskusikan.

Jadwal selanjutnya, klik link dibawah ini :

Juli 2022

Hari / TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
Rabu - Kamis
06 - 07 Juli 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    14 - 15 Juli 2022
    Jumat - Sabtu
    22 - 23 Juli 2022
    Jumat - Sabtu
    28 - 29 Juli 2022

    Agustus 2022

    Hari / Tanggal Tempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    05 - 06 Agustus 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    11 - 12 Agustus 2022
    Jumat - Sabtu
    19 - 20 Agustus 2022
    Senin - Selasa
    22 - 23 Agustus 2022

    September 2022

    Hari / Tanggal Tempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    02-03 September 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    06 - 07 September 2022
    Selasa - Rabu
    13 - 14 September 2022
    Selasa - Rabu
    20 - 21 September 2022
    Rabu - Kamis
    28 - 29 September 2022

    Oktober 2022

    Hari/TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Selasa - Rabu
    04 - 05 Oktober 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    11 - 12 Oktober 2022
    Rabu - Kamis
    19 - 20 Oktober 2022
    Jumat - Sabtu
    26 - 27 Oktober 2022

    November 2022

    Hari / TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Rabu - Kamis
    02 - 03 November 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    10 - 11 November 2022
    Jumat - Sabtu
    18 - 19 November 2022
    Kamis - Jumat
    24 - 25 November 2022

    Desember 2022

    Hari/TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    02 - 03 Desember 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    06 - 07 Desember 2022
    Selasa - rabu
    13 - 14 Desember 2022
    Jumat - Sabtu
    16 - 17 Desember 2022
    Jumat - Sabtu
    23 - 24 Desember 2022
    Kamis - Jumat
    29 - 30 Desember 2022
    Info Bimtek Dan Diklat Nasional Pusdiklat Pemendagri
    Kegiatan ini diselenggarakan secara swadana yang dibebankan ke masing-masing peserta / SKPD dengan Biaya sebesar :
    1. Rp. 4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta (Menginap)
    2. Rp. 3.500.000,- (Tiga juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta (Tidak Menginap)

    Pelatihan Online Via Zoom Meeting dengan Biaya sebesar :
    Rp. 2.500.000.- (Dua juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta

    Perlengkapan Fasilitas Peserta
    - Pelatihan selama 2 hari / Materi dibahas sampai selesai
    - Peserta Menginap (Twin Shering)
    - Seminar Kit, Makalah Pelatihan serta Tas Ekslusif
    - Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
    - Sertifikat pelatihan
    - Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambatnya H-3

    Catatan dan Promo
  • Jemput di Bandara Peserta Group Minimal 5 Orang (Peserta Wajib Konfirmasi)
  • Syarat & Ketentuan Berlaku
  • Request Peserta Diluar Jadwal/Materi Yg Tidak Tercantum di Website, Minimal 8 Peserta
  • Daftarkan Segera, Tempat Terbatas

    Konfirmasi Pendaftaran


    pusdiklatpemendagri.or.id phone

  • Diklat Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang dan Jasa di Desa

    Pedoman Pengadaan Barang/Jasa di Desa

    1. Dalam melakukan pengadaan barang/jasa tersebut, Tim Pengelola Kegiatan (TPK) harus memiliki pedoman, yaitu mengutamakan kemampuan desa. Prioritas terhadap barang/jasa yang sudah tersedia di desa, jika tidak memungkinkan, baru memutuskan untuk membeli dari pihak eksternal.

    Contoh untuk pengadaan barang, jika ingin melakukan pengadaan material alat-alat pertanian, sebaiknya periksa dulu di BUMDesa apakah material tersebut tersedia. Jika tidak, maka TPK melakukan pesanan kepada pihak eksternal untuk pengadaan material tersebut.

    Contoh untuk pengadaan jasa. Jika desa tersebut membutuhkan tenaga kerja untuk sebuah proyek irigasi misalnya, maka prioritaskan para pekerja dari desa tersebut. Jika staf ahli tidak memungkinkan, misalnya setingkat arsitek tidak tersedia, maka perlu dilakukan pengadaan terhadap jasa tersebut.

    Barang atau Jasa yang hendak diadakan, haruslah barang/jasa yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat desa setempat untuk tujuan meningkatkan taraf hidup dan pembangungan di desa tersebut. Misalnya alat teknologi untuk memaksimalkan hasil panen dan sebagainya.

    2. Perlu diketahui juga dalam Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di Desa bahwa Tim Pengelola Kegiatan (TPK) harus merupakan orang-orang diluar dari Perangkat Desa, untuk menghindari penyalahgunaan dana seperti penggelembungan harga dan sebagainya.

    Karena jika Tim tersebut merupakan Perangkat Desa, lalu pertanggungjawabannya juga kepada Perangkat Desa, maka tidak ada fungsi pengawasan dalam pelaksanaannya sehingga memungkinkan terjadinya penyelewengan dana.

    Jika ada pertanyaan mengenai Info Barang Dan Jasa. Silahkan langsung saja hubungi kami dari nomor yang tertera diatas atau silahkan tinggalkan komen.

    Untuk Info Bimtek dan Diklat Barang Dan Jasa dengan materi lainnya yang lebih lengkap, dapat dilihat pada kategori Diklat Barang Dan Jasa.

    About Author

    Comment here