Bimtek Barang Dan Jasa

Bimtek Teknik Penyusunan Lima SOP Unit Layanan Pengadaan

Bimtek Teknik Penyusunan Lima SOP Unit Layanan Pengadaan – Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelnggaraan atau kegiatan administrasi pemerintahan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, serta dimana dan oleh siapa dilakukan. Selanjutnya dengan hadirnya surat deputi bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia LKPP tentang Standar Operasional Prosedur untuk Pembinaan ULP.

ULP (Unit Layanan Pengadaan) merupakan angin segar bagi korps pengadaan. Tapi, hanya saja tantangn terbesar dari hal ini adalah bagaimana menterjemahkan SOP ini pada tataran operasional untuk dituangkan pada masing-masing ULP di K/L/D/I seluruh Indonesia. Untuk lebih lanjut ada 5 (lima) SOP yang telah diterbitkn yakni :

  1. Standar Operasional Prosedur tentang Rencana Umum Pengadaan (RUP),
  2. Standar Operasional Prosedur Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pengadaan (RPP),
  3. SOP Permintaan user ID/Password anggota Pokja ULP,
  4. SOP Pengumuman Lelang dan Penerimaan Dokumen Penawaran, and then
  5. Standar Operasional Prosedur Pemilihan Penyedia Barang/Jasa (Metode Pascakualifikasi satu sampul).

Info Bimtek Teknik Penyusunan Lima SOP Unit Layanan Pengadaan

Sebagai suatu referensi sehingga menjadi penting bagi siapapun uang bergerak dibidang pengadaan khususnya yang bernaung di unit ULP untuk memahami secara komprehensif panduan tersebut. Penegasan ini dimaksudkan agar setiap pemangku kepentingan dapat menuntaskan setiap momen dan tahapan pengadaan secara baik dan benar, terstruktur sesuai dengan sistematika dan dapat dipertanggung jawabkan. Pemahaman terhadap SOP dan bagaimana mengoperasikan SOP adalah salah satu solusi terbaik dalam menyempurnakan praktek pengadaan di Indonesia.

Karena itu untuk membedah dan mendalami kelima SOP tersebut, dengan ini kami akan mengadakan Pelatihan Seminar / bimtek / diklat pengadaan barang dan jasa pemerintah dengan tema Pelatihan Teknik Penyusunan Lima SOP Unit Layanan Pengadaan K/L/D/I. Jadi training tersebut akan diselenggarakan pada :

Info Jadwal Bimtek Dan Diklat Nasional


Berikut adalah info lengkap mengenai jadwal pelatihan bimtek/diklat silahkan pilih tempat dan waktunya atau jika ada saran untuk jadwal dan lokasi silahkan hubungi kami untuk di diskusikan.

Jadwal selanjutnya, klik link dibawah ini :

Juli 2022

Hari / TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
Rabu - Kamis
06 - 07 Juli 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    14 - 15 Juli 2022
    Jumat - Sabtu
    22 - 23 Juli 2022
    Jumat - Sabtu
    28 - 29 Juli 2022

    Agustus 2022

    Hari / Tanggal Tempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    05 - 06 Agustus 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    11 - 12 Agustus 2022
    Jumat - Sabtu
    19 - 20 Agustus 2022
    Senin - Selasa
    22 - 23 Agustus 2022

    September 2022

    Hari / Tanggal Tempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    02-03 September 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    06 - 07 September 2022
    Selasa - Rabu
    13 - 14 September 2022
    Selasa - Rabu
    20 - 21 September 2022
    Rabu - Kamis
    28 - 29 September 2022

    Oktober 2022

    Hari/TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Selasa - Rabu
    04 - 05 Oktober 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    11 - 12 Oktober 2022
    Rabu - Kamis
    19 - 20 Oktober 2022
    Jumat - Sabtu
    26 - 27 Oktober 2022

    November 2022

    Hari / TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Rabu - Kamis
    02 - 03 November 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    10 - 11 November 2022
    Jumat - Sabtu
    18 - 19 November 2022
    Kamis - Jumat
    24 - 25 November 2022

    Desember 2022

    Hari/TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    02 - 03 Desember 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    06 - 07 Desember 2022
    Selasa - rabu
    13 - 14 Desember 2022
    Jumat - Sabtu
    16 - 17 Desember 2022
    Jumat - Sabtu
    23 - 24 Desember 2022
    Kamis - Jumat
    29 - 30 Desember 2022
    Info Bimtek Dan Diklat Nasional Pusdiklat Pemendagri
    Kegiatan ini diselenggarakan secara swadana yang dibebankan ke masing-masing peserta / SKPD dengan Biaya sebesar :
    1. Rp. 4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta (Menginap)
    2. Rp. 3.500.000,- (Tiga juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta (Tidak Menginap)

    Pelatihan Online Via Zoom Meeting dengan Biaya sebesar :
    Rp. 2.500.000.- (Dua juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta

    Perlengkapan Fasilitas Peserta
    - Pelatihan selama 2 hari / Materi dibahas sampai selesai
    - Peserta Menginap (Twin Shering)
    - Seminar Kit, Makalah Pelatihan serta Tas Ekslusif
    - Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
    - Sertifikat pelatihan
    - Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambatnya H-3

    Catatan dan Promo
  • Jemput di Bandara Peserta Group Minimal 5 Orang (Peserta Wajib Konfirmasi)
  • Syarat & Ketentuan Berlaku
  • Request Peserta Diluar Jadwal/Materi Yg Tidak Tercantum di Website, Minimal 8 Peserta
  • Daftarkan Segera, Tempat Terbatas

    Konfirmasi Pendaftaran


    pusdiklatpemendagri.or.id phone

  • Diklat Teknik Penyusunan Lima SOP Unit Layanan Pengadaan

    Lima standar operasional prosedur ULP/KLDI yang sudah diterbitkan
    1. SOP mengenai rencana umum pengadaan.
    2. SOP tentang penyusunan rencana pelaksanaan pengadaan.
    3. SOP dalam hal prosedur permintaan user id/password anggota pokja ULP.
    4. SOP soal pengumuman lelang beserta penerimaan dokumen penawaran.
    5. SOP yang mengatur pemilihan penyedia barang dan jasa.

    Fungsi dari standar operasional prosedur (SOP) di lembaga ULP/KLDI adalah sebagai pedoman dalam pelaksanaan teknis pengadaan barang/jasa. Jadi, setiap pejabat di lembaga ULP perlu memahaminya secara komprehensif apalagi mereka yang bernaung di bawah unit layanan pengadaan. Langkah ini bertujuan agar setiap pejabat yang berkecimpung di bidang pengadaan dapat melakukan tugasnya dengan baik dan benar.

    Kriteria yang dapat digunakan untuk menilai baik dan benarnya proses pengadaan adalah terstruktur, sistematis dan dapat dipertanggung jawabkan. Dalam rangka mewujudkan hasil pengadaan dengan tiga kriteria tersebut, maka setiap pejabat unit layanan pengadaan perlu dibekali dengan diklat mengenai teknik penyusunan SOP ULP/KLDI.

    Pemahaman mengenai teknik menyusun standar operasional prosedur di lembaga ULP/KLDI adalah salah satu solusi terbaik guna menyempurnakan praktek pengadaan barang/jasa. Penyempurnaan praktek pengadaan barang/jasa dapat dimulai dengan memahami kelima SOP yang telah berlaku tersebut. Jika pejabat telah menguasai kelimanya, maka pemahaman terhadap SOP berikutnya juga makin mudah.

    Jadi, kinerja dari pejabat di lembaga pemerintahan khususnya di unit layanan pengadaan semakin efektif dan efisien karena sesuai dengan prosedur. Akibatnya, pengadaan barang/jasa pada setiap lembaga pemerintahan dapat dirasakan kebermanfaatannya karena memang tepat guna. Hasilnya, anggaran dana untuk pengadaan barang/jasa dapat teralokasikan secara tepat.

    Jika ada pertanyaan mengenai Info Barang Dan Jasa. Silahkan langsung saja hubungi kami dari nomor yang tertera diatas atau silahkan tinggalkan komen.

    Untuk Info Bimtek dan Diklat Barang Dan Jasa dengan materi lainnya yang lebih lengkap, dapat dilihat pada kategori Diklat Barang Dan Jasa.

    About Author

    Comment here