Bimtek Kependudukan Dan Capil

Bimtek Tata Cara Penyusunan Profil Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Bimtek tata cara penyusunan profil kependudukan dan pencatatan sipil – Undang-undang (UU) No. 24 tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-undang (UU) No. 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukn, pasal 1 ayat 15 mengatakan bahwa Pencatatan Sipil adalah pecatatan Peristiwa Penting yang dialami oleh seseorang dalam register Pencatatan Sipil pada Instansi Pelaksana. Instansi pelaksana adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Sementara dalam ayat 17 yang dimaksud dengan Paristiwa Penting adalah kejadian yang dialami oleh seseorang meliputi kelahiran, kematian, lahir rnati, perkawinan, perceraian, pengakuan anak, pengesahan anak, pengangkatan anak, perubahan nama dan perubahan status kewarganegaraan.

Perubahan substansif yang mendasar dalam Perubahan UU No. 23 Tahun 2006 dalam Penerbitan Akta Pencatatan Sipil adalah semula dilaksanakan di tempat terjadinya peristiwa penting, diubah menjadi penerbitannya di tempat domisili penduduk. Untuk akta kelahiran, yang pelaporannya melebihi batas waktu diatur dalam pasal 32 Undang-undang No. 24 tahun 2013.

Info Bimtek Tata Cara Penyusunan Profil Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Pasal tersebut mengatur tentang Pelaporan kelahiran yang melampaui batas waktu 60 (enam puluh) hari sejak tanggal kelahiran. Pecatatan dilaksanakan setelah mendapatkan keputusan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota. Sementara pelaporan kelahiran yang melebihi batas waktu 1 tahun : Semula penerbitan tersebut memerlukan penetapan Pengadilan Negeri. Diubah cukup dengan Keputusan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten dan Kota. Dalam hal ini sesuai dengan Putusan Mahkamah Konstitusi tanggal 30 April 2013.

Sehubungan Dengan hal tersebut Kami akan menyelenggarakan Pelatihan/ Bimtek/ Diklat tentang ”Mekanisme dan tata cara penyusunan profil kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan 13 kejadian peristiwa penting yang mengacu pada UU No 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan”. yang akan dilaksanakan Pada :

Info Jadwal Bimtek Dan Diklat Nasional


Berikut adalah info lengkap mengenai jadwal pelatihan / diklat / bimtek, silahkan pilih tempat dan waktunya atau jika ada saran untuk jadwal dan lokasi silahkan hubungi kami untuk di diskusikan.

jadwal selanjutnya, silahkan klik link dibawah ini :

Juli 2022

Hari / TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
Rabu - Kamis
06 - 07 Juli 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    14 - 15 Juli 2022
    Jumat - Sabtu
    22 - 23 Juli 2022
    Jumat - Sabtu
    28 - 29 Juli 2022

    Agustus 2022

    Hari / Tanggal Tempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    05 - 06 Agustus 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    11 - 12 Agustus 2022
    Jumat - Sabtu
    19 - 20 Agustus 2022
    Senin - Selasa
    22 - 23 Agustus 2022

    September 2022

    Hari / Tanggal Tempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    02-03 September 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    06 - 07 September 2022
    Selasa - Rabu
    13 - 14 September 2022
    Selasa - Rabu
    20 - 21 September 2022
    Rabu - Kamis
    28 - 29 September 2022

    Oktober 2022

    Hari/TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Selasa - Rabu
    04 - 05 Oktober 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    11 - 12 Oktober 2022
    Rabu - Kamis
    19 - 20 Oktober 2022
    Jumat - Sabtu
    26 - 27 Oktober 2022

    November 2022

    Hari / TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Rabu - Kamis
    02 - 03 November 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    10 - 11 November 2022
    Jumat - Sabtu
    18 - 19 November 2022
    Kamis - Jumat
    24 - 25 November 2022

    Desember 2022

    Hari/TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    02 - 03 Desember 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    06 - 07 Desember 2022
    Selasa - rabu
    13 - 14 Desember 2022
    Jumat - Sabtu
    16 - 17 Desember 2022
    Jumat - Sabtu
    23 - 24 Desember 2022
    Kamis - Jumat
    29 - 30 Desember 2022
    Info Bimtek Dan Diklat Nasional Pusdiklat Pemendagri
    Kegiatan ini diselenggarakan secara swadana yang dibebankan ke masing-masing peserta / SKPD dengan Biaya sebesar :
    1. Rp. 4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta (Menginap)
    2. Rp. 3.500.000,- (Tiga juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta (Tidak Menginap)

    Pelatihan Online Via Zoom Meeting dengan Biaya sebesar :
    Rp. 2.500.000.- (Dua juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta

    Perlengkapan Fasilitas Peserta
    - Pelatihan selama 2 hari / Materi dibahas sampai selesai
    - Peserta Menginap (Twin Shering)
    - Seminar Kit, Makalah Pelatihan serta Tas Ekslusif
    - Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
    - Sertifikat pelatihan
    - Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambatnya H-3

    Catatan dan Promo
  • Jemput di Bandara Peserta Group Minimal 5 Orang (Peserta Wajib Konfirmasi)
  • Syarat & Ketentuan Berlaku
  • Request Peserta Diluar Jadwal/Materi Yg Tidak Tercantum di Website, Minimal 8 Peserta
  • Daftarkan Segera, Tempat Terbatas

    Konfirmasi Pendaftaran


    pusdiklatpemendagri.or.id phone

  • Info Diklat Tata Cara Penyusunan Profil Kependudukan dan Pencatatan Sipil

    Mekanisme kerja pencatatan profil kependudukan dan kejadian peristiwa penting

    Dalam pasal 27 ayat 1 telah di jelaskan bahwa dalam menyelenggarakan urusan Administrasi Kependudukan di Kabupaten atau Kota. Dibentuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai instansi pelaksana yang diatur dalam peraturan daerah.

    Sementara dalam pasal 29 di sebutkan macam – macam tugas dinas dalam melakukan pencatatan sipil sebagai berikut

    1. Penduduk yang ingin melakukan pencatatan sipil harus menyerahkan blangko dokumen kependudukan dan mengisi formulir untuk pelayanan pencatatan sipil yang sesuai dengan kebutuhan anda.
    2. Penduduk yang mengajukan pencatatan sipil harus meminta laporan pelaksanaan tugas, kewajiban dan kewenangan dari unit pelaksana teknis dinas dari instansi pelaksana yang terkait dengan pelayanan pencatatan sipil.
    3. Dinas harus melakukan pembinaan, pembimbingan dan supervisi terhadap pelaksanaan tugas, kewajiban dan kewenangan unit pelaksana teknis dinas.
    4. Melakukan pembinaan, pembimbingan, dan supervisi terhadap penugasan kepada desa tau nama lainnya.

    Sementara itu tugas dari dinas kependudukan untuk pencatatan sipil adalah mencatat peristiwa penting dalam kehidupan seseorang. Hal yang harus di catat meliputi kelahiran, kematian, lahir mati, perkawinan, perceraian, pengakuan anak, pengesahan anak, pengangkatan anak, perubahan nama, perubahan status kewarganegaraan, pembatalan perkawinan dan pembatalan perceraian.

    Bagi penduduk yang ingin melakukan pencatatan sipil harus melewati beberapa tahapan. Pertama penduduk harus membuat laporan kepada kepala desa atau lurah dan ke kantor kecamatan untuk di buatkan surat pengantar ke dinas pencatatan sipil. Surat berisi data yang harus di urus di kantor pencatatan sipil.

    Dokumen yang harus di bawa untuk pencatatan sipil adalah kartu keluarga, kartu tanda penduduk elektronik jika sudah memiliki, akta kelahiran ijazah pendidikan terakhir serta bukti tanda pernikahan yaitu buku nikah jika sudah menikah dana bukti ceri jika memang sudah bercerai.

    Mekanisme dan tata cara penyusunan profil kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan 13 kejadian peristiwa penting yang mengacu pada undang – undang No. 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan sudah diterapkan dengan baik di dalam Dinas Pencatatan Sipil setiap daerah sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku.

    Jika ada pertanyaan mengenai Info Bimtek Kependudukan Dan Capil. Silahkan langsung saja hubungi kami dari nomor yang tertera diatas atau silahkan tinggalkan komen.

    Untuk Info Bimtek dan Diklat Kependudukan Dan Capil dengan materi lainnya yang lebih lengkap, dapat dilihat pada kategori Diklat Kependudukan Dan Capil.

    About Author

    Comment here