Bimtek Kependudukan Dan Capil

Bimtek Tentang Kemampuan Pengelola Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan

Bimtek Tentang Kemampuan Pengelola Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan – Birokrasi merupakan sarana pemerintah melaksanakan pelayanan publik yang sesuai dengan aspirasi masyarakat. Pembaharuan pemerintahan untuk mewujudkan good governance. Pada dasarnya dengan berpedoman pada sistem serta proses penyelenggaraan pemerintahan yang dilandasi prinsip-prinsip demokrasi, profesionalisme, akuntabilitas, efektifitas dan efisiensi, dan untuk kepentingan umum.

Info Bimtek Tentang Kemampuan Pengelola Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan

Pembenahan sistem administrasi kependudukan, meliputi pendaftaran penduduk, pengelolaan data-informasi kependudukan dan pencatatan sipil, menjadi hal yang harus diperhatikan. Sebab data menyangkut penduduk dan peristiwa kependudukan dapat menentukan arah kebijakan publik. Agar kinerja pemerintah daerah dalam peningkatan pelayanan masyarakat dan meningkatkan tata kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera. Pemerintah daerah perlu melakukan peningkatan kinerja birokrasi untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih berkualitas.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman Pejabat, Pegawai di instansi yang terkait tentang Pengelolaan Administrasi Kependudukan. Dengan ini kami akan menyelenggarakan Pelatihan Seminar/ Bimtek/ Diklat dengan tema “Kemampuan Pengelola Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan serta Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Teknis Informasi Data Kependudukan yang akan dilaksanakan pada:

Info Jadwal Bimtek Dan Diklat Nasional


Berikut adalah info lengkap mengenai jadwal pelatihan / diklat / bimtek, silahkan pilih tempat dan waktunya atau jika ada saran untuk jadwal dan lokasi silahkan hubungi kami untuk di diskusikan.

jadwal selanjutnya, silahkan klik link dibawah ini :

Juli 2022

Hari / TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
Rabu - Kamis
06 - 07 Juli 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    14 - 15 Juli 2022
    Jumat - Sabtu
    22 - 23 Juli 2022
    Jumat - Sabtu
    28 - 29 Juli 2022

    Agustus 2022

    Hari / Tanggal Tempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    05 - 06 Agustus 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    11 - 12 Agustus 2022
    Jumat - Sabtu
    19 - 20 Agustus 2022
    Senin - Selasa
    22 - 23 Agustus 2022

    September 2022

    Hari / Tanggal Tempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    02-03 September 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    06 - 07 September 2022
    Selasa - Rabu
    13 - 14 September 2022
    Selasa - Rabu
    20 - 21 September 2022
    Rabu - Kamis
    28 - 29 September 2022

    Oktober 2022

    Hari/TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Selasa - Rabu
    04 - 05 Oktober 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    11 - 12 Oktober 2022
    Rabu - Kamis
    19 - 20 Oktober 2022
    Jumat - Sabtu
    26 - 27 Oktober 2022

    November 2022

    Hari / TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Rabu - Kamis
    02 - 03 November 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Kamis - Jumat
    10 - 11 November 2022
    Jumat - Sabtu
    18 - 19 November 2022
    Kamis - Jumat
    24 - 25 November 2022

    Desember 2022

    Hari/TanggalTempat PelaksanaanPelatihan Via Online
    Jumat - Sabtu
    02 - 03 Desember 2022

  • Hotel Oasis Amir Jakarta

  • Hotel Abadi Malioboro Jogja

  • Hotel Pacific Palace Batam

  • Hotel Eden Kuta Bali

  • Hotel Ibis Styles Braga Bandung

  • Hotel Ibis City Center Makassar

  • Hotel Quest Surabaya

  • Hotel Bintang Senggigi Lombok

  • Hotel The 101 Kota Malang

  • Hotel Whize Prime Manado

  • Hotel Grand Antares Medan

  • Hotel Ibis Semarang

  • Hotel Quest Balikpapan

  • Hotel The Axana Padang

  • Hotel Grand Inna Daira Palembang

  • Hotel Whiz Prime Lampung


  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting







  • Aplikasi Zoom Meeting








  • Aplikasi Zoom Meeting

  • Selasa - Rabu
    06 - 07 Desember 2022
    Selasa - rabu
    13 - 14 Desember 2022
    Jumat - Sabtu
    16 - 17 Desember 2022
    Jumat - Sabtu
    23 - 24 Desember 2022
    Kamis - Jumat
    29 - 30 Desember 2022
    Info Bimtek Dan Diklat Nasional Pusdiklat Pemendagri
    Kegiatan ini diselenggarakan secara swadana yang dibebankan ke masing-masing peserta / SKPD dengan Biaya sebesar :
    1. Rp. 4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta (Menginap)
    2. Rp. 3.500.000,- (Tiga juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta (Tidak Menginap)

    Pelatihan Online Via Zoom Meeting dengan Biaya sebesar :
    Rp. 2.500.000.- (Dua juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta

    Perlengkapan Fasilitas Peserta
    - Pelatihan selama 2 hari / Materi dibahas sampai selesai
    - Peserta Menginap (Twin Shering)
    - Seminar Kit, Makalah Pelatihan serta Tas Ekslusif
    - Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
    - Sertifikat pelatihan
    - Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambatnya H-3

    Catatan dan Promo
  • Jemput di Bandara Peserta Group Minimal 5 Orang (Peserta Wajib Konfirmasi)
  • Syarat & Ketentuan Berlaku
  • Request Peserta Diluar Jadwal/Materi Yg Tidak Tercantum di Website, Minimal 8 Peserta
  • Daftarkan Segera, Tempat Terbatas

    Konfirmasi Pendaftaran


    pusdiklatpemendagri.or.id phone

  • Fungsi Dan Tugas Dalam Bidang Data, Informasi, Monitoring, Serta Evaluasi Dalam Hal Kependudukan

    1. Menyusun, merencanakan, dan mengelola informasi administrasi kependudukan, serta memanfaatkan data dan dokumen kependudukan melalui kerja sama administrasi kependudukan dengan inovasi pelayanan dalam hal informasi kependudukan.
    2. Merumuskan segala kebijakan teknis dalam hal mengelola informasi kependudukan, pemanfaatan data serta dokumen kependudukan, melalui kerja sama administrasi kependudukan dengan inovasi pelayanan dalam hal informasi kependudukan.
    3. Melaksanakan pembinaan serta mengkoordinasi pelaksanaan dalam mengelola informasi kependudukan, pemanfaatan data serta dokumen kependudukan melalui kerja sama administrasi kependudukan dengan inovasi pelayanan dalam hal informasi kependudukan.

    Info Diklat Tentang Kemampuan Pengelola Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan

    Kemampuan pengelola administrasi kependudukan pada dinas kependudukan serta meningkatkan profesionaslisme tenaga teknis informasi data kependudukan sangat dibutuhkan dalam segala hal yang berkaitan dengan informasi dan pengelolaan di bidang kependudukan, untuk kepentingan seluruh masyarakat.

    Untuk menciptakan pengelolaan administrasi kependudukan yang profesional, maka diadakanlah penilaian tentang pengelolaan administrasi kependudukan tersebut di beberapa daerah. Banyak yang dilakukan dalam penilaian tersebut, misalnya masing-masing desa yang memiliki skor paling tinggi. Cara mengumpulkan skornya adalah bagi desa yang memiliki SK camat.

    Dengan memiliki SK camat tersebut, maka suatu desa akan memiliki data penduduk yang memiliki KTP serta pendataan setiap warga yang memiliki KTP elektronik. Serta data mengenai penduduk yang lahir beserta kepemilikan akta kelahirannya. Penduduk yang meninggal dan kepemilikan akta kematiannya, data penduduk yang bermigrasi, dan lain-lain.

    Data kependudukan lainnya meliputi data penduduk yang pindah ke daerah lain, penduduk yang datang ke desa yang bersangkutan, data penduduk menurut agamanya, menurut tingkat pendidikannya, menurut golongan darahnya, pekerjaan sesuai KK, serta data penduduk yang telah diperbaharui.

    Selain itu setiap desa atau daerah harus memiliki beberapa jenis buku diantaranya buku administrasi kependudukan. Buku induk penduduk, buku mutasi penduduk, buku harian peristiwa penting dalam kependudukan, buku administrasi desa, dan masih banyak lagi. Penilaian mengenai pengelolaan administrasi kependudukan ini dilakukan oleh tim dari Kabupaten.

    Jika ada pertanyaan mengenai Info Bimtek Kependudukan Dan Capil. Silahkan langsung saja hubungi kami dari nomor yang tertera diatas atau silahkan tinggalkan komen.

    Untuk Info Bimtek dan Diklat Kependudukan Dan Capil dengan materi lainnya yang lebih lengkap, dapat dilihat pada kategori Diklat Kependudukan Dan Capil.

    About Author

    Comment here