BIMTEK / DIKLAT DESA

Diklat Desa adalah suatu kegiatan pendidikan, pelatihan, dan juga pengembangan yang berkaitan especially di bidang camat/lurah/desa. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 1998 tentang kecamatan, camat atau sebutan lain. Kemudian menyatakan bahwa camat adalah pemimpin dan koordinator penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kerja kecamatan yang dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan kewenangan pemerintahn dari Bupati atau Walikota. Sebagai tambahan, Tujuannya untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan menyelenggarakan tugas umum pemerintahan.

Kepala kelurahan sering di sebut lurah. Lurah di angkat dan juga di pilih oleh pemerintah. Lurah adalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang mampu dan cakap dalam menjalankan tugas. Sementara desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, atau hak kedaerahan yang di akui dan di hormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu kepala desa adalah pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan Desa. Dalam melakukan kekuasaan pengelolaan keuangan desa, kepala desa menguasakan sebagian kekuasaannya kepada perangkat desa. Kades menetapkn APBDesa per tahun dengan Peraturan Desa (Perdes). Peraturan Desa adalah peraturan perundang-undangan yang di tetapkan oleh Kades setelah di sepakati bersama Badan Permusyawaratan Desa.

Perangkat Desa, Kecamatan dan Kelurahan wajib melakukan keterbukaan terhadap penggunan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban kerja. Untuk itu manfaat mempersiapkan perangkat desa, kecamatan dan kelurahan yang professional jadi dibutuhkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan melalui program diklat camat lurah kades.

Peserta dapat mengetahui peranan Pemerintahan Desa dalam pengelolaan keuangan desa guna mendukung penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan untuk mengetahui hambatan yang di hadapi oleh Pemerintahan Desa dalam melakukan pengelolaan tersebut dan upaya yang di tempuh untuk mengatasinya. Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Materi Pelatihan Aparatur Desa

Bimtek Desa akan Mengadakan Pelatihan Kegiatan beberapa kali di tahun ini dengan mengedepankan profesionalitas serta kenyamanan peserta dalam mengikuti pelatihan. Karena tujuan utama kami dalam bimtek ini yaitu membentuk aparat pemerintahan daerah yang kompeten. Kami juga telah menyediakan narasumber terbaik dari berbagai bidang, baik itu dari kementerian, universitas ataupun swasta. Jadi anda hanya tinggal mengikuti bimtek yang akan kami selenggarakan.

Maka Pusdiklat Pemendagri hadir sebagai penyelenggara Bimtek untuk semua kalangan pemerintahan, utamanya untuk desa, baik itu pelatihan untuk umum ataupun yang menggunakan aplikasi.

Ada beragam fasilitas menarik yang telah kami sediakan untuk setiap peserta pelatihan Pusdiklat Pemendagri. Termasuk pelayanan terbaik dari pengurus dan juga materi lengkap dari narasumber kompeten dari kementerian, universitas ataupun profesional. Maka sangat perlu untuk melakukan pelatihan demi terciptanya aparatur negara yang kompeten dan mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik.